Sejarah Baja Ringan – Sobat BRS.ID tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Baja Ringan, yup kita akan membahas mengenai Sejarah Baja Ringan dan apa saja sih keuntungan memakai atau mengganti material kayu atap rumah kita dengan menggunakan logam baja ringan, yuk langsung saja simak penjelasannya dibawah ini ya Sob…

Sejarah Baja Ringan

Sejarah Baja Ringan

Penemuan Sejarah Baja Ringan

Logam Menyertai umat manusia sejak usia kuno, dan baja, jika kita mulai mengikutinya dari saat bentuk Damaskus yang historis terkenal – untuk beberapa ribu tahun.

Dari era produksi skala kecil pengrajin seperti bentuk saat ini produksi massal industri, baja telah mencakup jalur rumit dilapisi dengan inovasi yang signifikan dalam proses produksi, pengembangan jangkauan dan kualitas produk, dan produktivitas terus-menerus berkembang dari tenaga kerja, meningkatkan ekonomi dan beban ekologis. Selain itu, perubahan radikal dalam hubungan dengan pelanggan adalah terjadi pada akhir abad ini, yaitu dengan pergeseran diucapkan kesiapan terhadap kebutuhan dan persyaratan dari pelanggan ini.

Mengenal Baja Ringan

Mengenal Baja Ringan

Signifikansi terbantahkan baja dikonfirmasi oleh fakta bahwa hal itu telah menjadi kedua komoditas yang paling diproduksi secara massal setelah produksi semen, mencapai volume produksi di seluruh dunia sekitar. 750 mil ton per tahun.

Seni produksi besi dari bijih timbul sehubungan dengan praktek tembaga dan teknologi memimpin dalam Anatolya, di Suriah utara dan mungkin juga di bagian Iran. Bijih besi ditambahkan sebagai fluks untuk pengobatan bijih tembaga sulfida. Besi tetes, dimana produsen lokal diidentifikasi sudah 3000 tahun SM, membandingkan ini dengan besi meteor, sudah mengisyaratkan adanya kemungkinan memproduksi besi, tapi ini hanya terjadi hampir 15 abad kemudian. Sejak saat itu, perlu untuk memperhitungkan bahwa hanya sejumlah kecil ini, pada waktu itu, logam langka yang didedikasikan untuk strata tertinggi penduduk atau ke penguasa dan pengadilan mereka bisa keluar dari daerah ini, kemungkinan besar sebagai hadiah saja.

Pabrik Baja Ringan

Pabrik Baja Ringan

Kejadian pertama dari sebuah objek besi di wilayah kami di wilayah Slowakia tanggal kembali ke abad ke-15 SM, yaitu pada Zaman Perunggu. Ini adalah gagang keris. Kejadian pertama di Bohemia tanggal kembali ke abad ke-12 SM. Produksi besi sangat primitif di processory peralatan tertua – tungku terbuka sederhana dengan blower – muncul di sekitar setengah terakhir dari milenium SM lalu. Potongan besi yang diperoleh dengan reduksi besi ditempa. Dalam era Great Moravian Empire, yaitu sekitar abad ke-9 Masehi, alat untuk kerja kayu, cangkul, sekop, sabit, sabit, dan saham – approx. 100 produk besi total – yang sudah dibuat.

Proses lokasi produksi besi di dasar bahan baku mulai direalisasikan di 10 untuk abad ke-13. Metalurgi adalah komponen kunci dalam sistem pengerjaan dari awal Abad Pertengahan dan sudah saat ini kemajuan dalam banyak bidang ekonomi mulai bergantung padanya. Approx. 250 karya besi ada di 13 ke abad ke-16 di Bohemia. Pada saat itu, organisasi, ekonomi dan perdagangan besi mungkin sudah dibicarakan, dan ini juga merupakan era besi-pabrik datang menjadi ada. Grosir besi, yang disebut pandai besi, sudah muncul. Di negara-negara Ceko, karya-karya besi berada di bawah kendali otoritas pertambangan. Lembaga karya besi dan besi-pabrik diizinkan hanya oleh otoritas pertambangan yang lebih tinggi dan tidak seperti industri tekstil sudah berkembang, pembuatan besi adalah untuk waktu yang lama diikat dengan banyak keterbatasan yang menghambat perkembangannya. Pembuatan besi di blast furnace membawa kita untuk likuidasi metalurgi besi tua dan bangunan karya besi tanur baru. Ini kemudian dibandingkan dengan Jerman, Perancis dan Inggris di mana awal produksi blast-furnace dimasukkan ke dalam paruh pertama abad ke-15. Pada paruh pertama abad ke-19, rolling mills dibuka. Ditempa besi – sebagian juga pendahulu baja hari ini – diproduksi dengan menembakkan di perapian dan kemudian dirawat di besi-pabrik. Pegangan besi-pabrik yang paling luas. Selama revolusi industri, semua penemuan teknis berkontribusi terhadap perubahan-over dari pembuatan besi untuk produksi massal dipindahkan secara bertahap dari Inggris ke benua Eropa. Tingkat lebih cepat dari pergeseran ini terjadi di paruh kedua abad ke-19. Coke mulai digunakan di blast furnace, ledakan-udara dipanaskan dan blower uap-mekanik menjadi unit mengemudi di tungku penyulingan. Mesin uap mulai mendorong rolling mills. The rolling mills diganti sebelumnya digunakan penempaan melelahkan batang dan piring. Baja wadah untuk produksi instrumen dikembangkan. Disebut besi ringan diproduksi baik dalam tungku penyulingan dan oleh apa yang disebut pelumpuran, yang merupakan proses yang paling melelahkan semua. Menggunakan proses pelumpuran, itu sudah mungkin untuk menghasilkan disebut besi keras, yaitu baja. Proses wadah diaktifkan mengatasi hanya dengan mencair baja di kandungan karbon yang lebih tinggi yang memiliki titik leleh lebih rendah. Pada tahun 1855, paten untuk besi pemurnian babi di converter diterapkan untuk. Proses ini, disebut proses Bessemer, itu jauh lebih produktif daripada proses lainnya dan dilakukan dalam apa yang disebut konverter, dan didasarkan pada udara meniup ke dalam bak logam. Pada tahun 1860, sudah 40 besi karya di dunia menggunakan proses ini. Ketika metode regeneratif pemanasan telah dipatenkan oleh Siemens, hanya ada satu langkah kecil untuk membangun pertama tungku perapian 2-ton di Perancis dalam kombinasi dengan regenerator udara Siemens. Proses ini, disebut proses Siemens-Martin, sudah berhasil juga mencair memo, dan cara untuk baja produksi massal telah dibuka. Pada tahun 1864, yang disebut Thomas proses produksi baja cocok untuk besi pemurnian dengan konten fosfor tinggi dimasukkan ke dalam operasi. Proses-proses ini adalah, sebagai lawan proses perapian yang produknya adalah besi tempa, bernama proses baja cor.

Rolling mill pertama digerakkan dengan mesin uap dibangun di Inggris pada tahun 1783. Yang pertama memuaskan pabrik yang universal berdiri dibangun pada tahun 1848, yang memiliki horisontal maupun vertikal gulungan mampu menggelar produk datar dengan tepi yang tepat. Selain itu, kalibrasi gulungan dikembangkan dan menjadi mungkin untuk roll sudut dan bagian, dan rel datar bawah.

Pabrik batang kawat terus menerus telah dipatenkan pada tahun 1862, dan 2 tahun kemudian rolling mill tiga tinggi untuk bergulir piring untuk pembangunan kapal.

Pada tahun-tahun krisis ekonomi 1873-1879, konsentrasi ditandai produksi terjadi di wilayah Bohemia dengan dua pusat: daerah Ostrava dan wilayah Tengah-Bohemian. Dari 1875-1880, transfer lebih jelas dari produksi pig iron mendukung wilayah Ostrava terjadi.

Pada akhir abad ke-19, kami adalah saksi dari pengaturan dari kartel yang bertujuan biasanya untuk berdiri melawan kompetisi. Konsentrasi ditandai mereka terjadi dengan karakter massa peningkatan produksi. Banyak tanaman non-menguntungkan di Bohemia dihapuskan pada pergantian abad ke-19 dan ke-20. Pembuatan Prazska zelezárská dikendalikan besi di Bohemia, Vítkovické zelezárny di Moravia dan Banska sebuah Spolecnost hutní di Silesia. Saham di bank memainkan peran besar di sini. Produksi tanur terkonsentrasi di Vítkovice, Trinec, Kladno, dan Králuv Dvur. Perusahaan saham gabungan Mannesmanngesellschaft didirikan pada tahun 1887 di Chomutov mana pabrik Pilger untuk rolling tabung mulus menggunakan teknologi cukup baru dipasang pada tahun 1890 sebagai yang pertama di dunia.

Pengembangan produksi metalurgi di Bohemia juga terus antara kedua Perang Dunia.

Setelah Perang Dunia ke-2, yang tersebut di atas empat daerah produksi metalurgi dan perusahaan mereka terus mendominasi.

Periode setelah tahun 1948 bisa disebut periode perkembangan yang luas. Pada tahun-tahun pertama, pengembangan produksi baja tidak berbeda dari yang di negara-negara industri lainnya. Kecenderungan untuk membuat Republik Cekoslowakia menempa dari Blok Timur meluncurkan tindakan besar, dan perusahaan baru muncul di wilayah Moravia dan Slovakia. Di wilayah Ostrava, besi dan baja terpadu bekerja pondok Nová produk yang dihasilkan panjang, strip panas, tabung dan produk rekayasa untuk industri otomotif, bersama dengan perusahaan Válcovny TRUB di Veseli nad Moravou dengan produksi tabung. Di Slovakia, besi dan baja terpadu bekerja Východoslovenské zelezárny, utamanya program produksi diarahkan ke produk datar, tabung dilas dan produksi panel pemanasan sentral. Perusahaan Oravské feroslitinárské Zavody di Istebné dan Široká diarahkan untuk produksi ferroalloys.

Besi dan baja metalurgi mempekerjakan hampir 170.000 orang dan menghasilkan 15,8 juta ton baja pada tahun rekor produksi tahun 1988. Sebagai konsekuensi dari investasi dalam pertumbuhan kapasitas produksi dan volume, tidak berarti tetap untuk modernisasi peralatan produksi dan restructuralisation teknologi dan jangkauan produk. Akibatnya, tingkat teknis-ekonomi terbelakang secara keseluruhan.

Namun demikian, ereksi beberapa peralatan progresif disadari, seperti / pabrik bagian cahaya menengah di pondok Nová, dan secara bertahap, bahkan ketika sangat lambat, juga peralatan untuk pengecoran kontinyu baja, metalurgi sekunder, dan teknologi pembuatan baja progresif – produksi baja oksigen konverter. Setelah tahun 1989, penurunan pengembangan pembuatan baja kami dari tren dan bentuk pembangunan pembuatan baja di negara-negara Eropa Barat yang muncul setelah krisis minyak bumi, yaitu pada tahun tujuh puluhan, menunjukkan dalam keadaan telanjang penuh masalah jangka panjang dari pandangan hari ini.

Pengenalan Baja Ringan

Baja ringan adalah baja canai dingin dengan kualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis namun kekuatannya tidak kalah dengan baja konvensional. Baja ringan memiliki tegangan tarik tinggi (G550). Baja G550 berarti baja memiliki kuat tarik 550 MPa (Mega Pascal). Baja ringan adalah Baja High Tensile G-550 (Minimum Yeild Strength 5500 kg/m2) dengan standar bahan ASTM A792, JIS G3302, SGC 570.
Untuk melindungi material baja mutu tinggi dari korosi, harus diberikan lapisan pelindung (coating) secara memadai. Berbagai metode untuk memberikan lapisan pelindung guna mencegah korosi pada baja mutu tinggi telah dikembangkan. Jenis coating pada baja ringan yang beredar dipasaran adalah Galvanized, Galvalume, atau sering juga disebut sebagai zincalume dan sebuah produsen mengeluarkan produk baja ringan dengan menambahkan magnesium yang kemudian dikenal dengan ZAM, dikembangkan sejak 1985, menggunakan lapisan pelindung yang terdiri dari: 96% zinc, 6% aluminium, dan 3% magnesium.

 

Baja ringan adalah baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional. Ada beberapa macam baja ringan yang dikelompokan berdasarkan nilai tegangan tariknya (tensile strength). Kemampuan tegangan tarik ini umumnya didasarkan pada fungsi akhir dari baja ringan tersebut.

Sebagai contoh untuk produk structural seperti rangka atap baja ringan dengan tegangan tarik tinggi (G550). Namun untuk berbagai produk home appliances diperlukan baja ringan dengan tegangan tarik yang lebih rendah (G300, G250) yang lebih lentur dan lunak sehingga lebih mudah dibentuk sesuai keinginan.

Pada umumnya, bahan baku baja ringan adalah baja mutu tinggi dengan standar high tensile strength 550 Mpa (5500 kg/cm2). Kekuatan ini merupakan elemen dasar untuk kekuatan tarik baja ringan saat ini. Dengan kekuatan minimum G550, baja ringan tersebut memiliki kekuatan leleh minimum 550 Mpa. Dibuktikan dalam uji laboratorium tidak boleh putus saat ditarik dengan kekuatan 500 Mpa. Selain itu, baja tersebut juga memiliki modulus geser 80.000 Mpa dan modulus elastisnya 200.000 Mpa.

Meskipun lebih ringan dan tipis dari baja konvensional, dengan kuat tarik sebesar 550 Mpa baja ringan dapat dijadikan andalan untuk menopang beban struktur bangunan. Untuk fungsi non structural seperti penutup atap digunakan baja ringan kualitas G300.

Bagaimana dengan ketebalan baja ringan ? Dipasaran umum ketebalannya berkisar antara 0,20 – 2,00 mm. Variasi ketebalan ini ditentukan oleh fungsi, seberapa besar beban yang ditopang dan ukuran bentang baja itu sendiri. Ketebalan yang lebih kecil dibanding dengan baja konvensional bertujuan untuk mengurangi beban struktur bangunan.

Kuda-kuda baja ringan mempunyai ketebalan antara 0,45 – 1,00 mm. Berbeda dengan kolom yang akan menopang beban yang lebih besar, ketebalannya kisaran antara 1,00 – 2,00 mm (profil C). Sedangkan untuk genteng metal ketebalannya 0,20 mm karena bisa dikatakan tidak memikul beban, dengan ketebalan tersebut sudah cukup memadai.

Baja tersusun dari besi dan karbon (Fe dan C). Apabila unsur tersebut bercampur dengan air dan udara akan timbul reaksi yang mendorong terjadinya karat. Maka baja ringan perlu dilapisi antikarat. Pengaplikasian lapisan antikarat sangat penting untuk menjaga agar material awet dan tahan lama.

Untuk melindungi material baja mutu tinggi dari korosi, harus diberikan lapisan pelindung (coating) secara memadai. Berbagai metode untuk memberikan lapisan pelindung guna mencegah korosi pada baja mutu tinggi telah dikembangkan.

Jenis coating pada rangka baja ringan yang beredar dipasaran adalah Galvanized, Galvalume, atau sering juga disebut sebagai zincalume dan sebuah produsen mengeluarkan produk baja ringan dengan menambahkan magnesium yang kemudian dikenal dengan ZAM, dikembangkan sejak 1985, menggunakan lapisan pelindung yang terdiri dari : 96% zinc, 6% alumunium, dan 3% magnesium. Tebal coating pada baja ringan dipasaran bervariasi, tergantung dari masing-masing produsen.

Keuntungan Jangka Panjang Menggunakan Baja Ringan

  • Karena bobotnya yang ringan maka dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah.
  • Baja ringan bersifat tidak membesarkan api.
  • Tidak bisa dimakan rayap.
  • Pemasangannya relatif lebih cepat apabila dibandingkan rangka kayu.
  • Baja ringan nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut, jadi tidak berubah karena panas dan dingin.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *