Berikut adalah beberapa jenis atap yang populer dan yang paling sering dipakai sebagian besar bangunan yang ada di indonesia dan memiliki kualitas terbaik di masing-masing jenisnya.

1. Atap genteng tanah liat

Genteng tanah liat merupakan genteng yang paling banyak diminati masyarakat. Keunggulan dari genteng ini adalah harganya yang relative terjangkau, gampang dicari, tersedia beragam bentuk dan model, kuat (tetap aman meski diinjak), tahan lama (meski cuaca Indonesia yang cepat sekali berubah-ubah seperti panas, dingin dan hujan), aman terhadap serangan serangga, gampang pemasangannya.

Untuk kekurangan dari atap genteng yang terbuat liat ini adalah jika anda tidak melapisi dengan cat maka akan cepat berlumut dan berjamur , pemasangannya memerlukan kayu yang lumayan banyak sebagai rangkanya. Tapi anda tidak perlu khawatir, ada banyak Cara mengatasi dinding lembab dan berjamur yang bisa anda lakukan sendiri. Untuk pemasangan kayu reng yang digunakan sebagai rangka genteng juga memerlukan ketelitian agar genteng tidak mudah bocor dan atapnya tidak melorot. Penyebab atap genteng bocor bisa jadi genteng melorot dan tidak sesuai dengan tata letaknya.

2. Atap genteng beton

Pada atap genteng beton biasa, bahan atap dicetak dari beton yang bentuknya seperti genteng tanah liat. Atap genteng beton biasa dipasang pada rumah-rumah untuk Desain Rumah Minimalis. Terdapat beragam pilihan model yang dapat anda pilih mulai dari genteng yang bergelombang hingga yang datar dengan beragam pilihan warna-warni yang cantik. Tingkat kualitas dan keawetan juga dapat anda percayai. Tahan terhadap cuaca, kebakaran maupun serangan serangga.

Kelemahan dari atap genteng beton adalah atap genteng beton lebih berat dibandingkan dengan atap genteng tanah liat. Harganya juga lebih mahal dibandingkan atap genteng tanah liat.

3. Atap beton cor

Atap beton cor sering disebut atap beton bertulang. atap beton cor sering kali dipilih dan dipasang pada rumah bertingkat yang memiliki lantai lebih dari satu. Selain rumah bertingkat, atap beton cor juga sering dipilih pada rumah yang memiliki ruang bersantai maupun ruang jemuran di atap. Bentuknya yang kokoh merupakan salah satu keunggulan dari atap beton cor. Keunggulan lainnya adalah tingkat keawetannya, ketahanan terhadap cuaca, pelapukan dan lumayan tahan terhadap kebakaran.

Kelemahan atap beton cor adalah jika umurnya semakin tua, lumut, pakis, dan tumbuhan liar lain dapat dimungkinkan untuk tumbuh. Selain itu atap beton cor lumayan berat. Jika anda mempertimbangkan memakai atap jenis ini pada rumah impian anda, maka yang perlu menjadi perhatian anda adalah pondasi rumah anda. Apabila pembangunan pondasi belum dimulai maka anda harus membuat pondasi cakar ayam agar pondasi benar-benar dapat menyokong atap beton cor.

Pasalnya, jika anda hanya membangun pondasi melujur biasa maka terdapat kemungkinan akan terjadi tembok yang retak karena pondasi tidak kuat menahan beban atap beton cor. Dengan berat beban yang tidak seimbang pada beton bisa menjadi bahaya tembok rumah retak.

4. Atap genteng keramik

Atap genteng keramik memang terbuat dari keramik. Tetapi bahan utama pembuatannya adalah tanah liat dan pada tahan penyelesaian pembuatan genteng diberi lapisan pewarna glatzur. Tips Memilih Keramik genteng adalah dengan mengetahui kelebihan dari atap genteng keramik, yaitu dengan beragam pilihan warna. Warna genteng sangat cantik dengan kilau yang memberi kesan terlihat licin .

Warnanya tahan lama karena proses pembuatannya dengan cara di bakar pada suhu yang sangat tinggi. Banyak ditemukan pemasangan genteng keramik pada balkon rumah mewah. Atap genteng keramik juga lebih kuat.

Kelemahan dari atap genteng keramik adalah harganya yang mahal, memasangnya harus di kunci dengan mur baut, rangka tempat memasang genteng keramik adalah kayu dan beton. Proses pemaangan rangka reng juga memerlukan ketelitian agar atap bocor terhindarkan. Pemasangan juga memperhatikan kemiringan minimum 30 derajat agar air hujan mengalir dengan lancar serta atap tidak copot ketika angin bertiup sangat kencang.

5. Atap genteng kaca

Seperti namanya, atap genteng kaca merupakan atap yang tersusun dari genteng yang terbuat dari kaca. Kelebihan dari genteng kaca dapat difungsikan sebagai ventilasi dimana cahaya matahari dapat masuk kerumah. Pemasangan atap genteng kaca juga dapat menjadi salah satu cara menjaga dan mencegah dinding dari kelembapan yang berlebih dan berjamur. Bentuknya genteng kaca sama seperti bentuk genteng yang lainnya.

Kelemahan genteng kaca adalah genteng ini hanya dapat di terapkan pada bagian-bagian tertentu dari rumah karena jika anda menggunakan terlalu banyak genteng kaca maka suhu rumah anda akan cukup panas ketika siang hari matahari bersinar dengan cerahnya. Selain itu model genteng kaca hanya sedikit dan terbatas. Selain itu genteng kaca juga lumayan mudah pecah.

6. Atap genteng metal

Atap genteng metal terdiri dari susunan genteng yang bahan pembuatannya dari logam anti karat/ baja lapis ringan. Bentuk dari genteng metal berupa lembaran seperti seng. Pemasangan genteng metal dengan cara menanam genteng tersebut dengan mur dan baut pada rangka atap.

Keunggulan dari atap genteng metal adalah bobotnya lumayan ringn sehingga tidak memerlukan rangka dalam jumlah banyak. Memiliki efek memantulkan tanah sehingga rumah tidak akan terasa panas yang berlebih ketika siang hari. Anti pecah, anti lumut, cukup tahan terhadap api dan bebas perawatan serta anti karat.

Kelemahan dari genteng metal adalah harganya yang mahal. Selain itu pemasangannya memerlukan ketelitian agar atap terlihat cantik.

7. Atap Seng

Atap seng banyak dipilih sebagai atap oleh bangunan warung dipinggir jalan. Mempunyai ukuran yang panjang atap seng memiliki keunggulan pada minimya rangka yang diperlukan. Beratnya cukup ringan yang mengakibatkan pemasngan harus dipaku pada rangka tap(terkadang malah memerlukan tambahan beban agar angin tetap tidak meniup atap ini). Harga seng paling murah dibanding atap lainnya.

Kelemahan dari atap seng adalah mudah berkarat. Selain itu ketika sudah berumur, atap seng akan merusak pemandangan rumah sehingga rumah akan terlihat seperti rumah yang tidak sehat. Sifatnya yang menahan panas akan membuat rumah terasa sangat panas serta akan menimbulkan suara berisik ketika hujan.

8. Atap asbes

Atap asbes bentuknya persis seperti seng akan tetapi salah satu keunggulannya adalah tidak menyerap panas. Harganya murah, mudah pemasangan, tahan lama, ringan.

Kelemahan atap asbes adalah resiko kesehatan jika asbes telah berumur. Serat asbes yang terbuat dari karbon mudah terlepas dan dapat mengganggu kesehatan pernafasan.

Asbes juga gampang pecah sehingga pemasangannya membutuhkan kehati-hatian. Namun dari sisi harga, asbes merupakan salah satu jenis atap rumah yang paling murah dan sangat cepatdipasang.

9. Atap sirap

Atap sirap biasanya terbuat dari bahan bahan dalam membangun rumah salah satunya yaitu kayu. Kelebihan dari atap sirap adalah bentuknya yang unik sehingga seringkali pemasangannya ditemukan pada rumah yang sedehana tapi tetap ingin menampilkan keanggunan seperti pada bangunan pendopo, gazebo, rumah joglo. Tidak menyerap panas sehingga rumah menjadi sejuk.

Kelemahan dari atap sirap adalah harganya sangat mahal karena termasuk ke dalam bahan bangunan yang susah didapatkan. Selain itu pemasangan juga lumayan susah serta memerlukan perawatan yang teratur.

10. Atap genteng aspal

Atap genteng aspal terbuat dari campuran aspal dan bahan kimia lainnya. Kelebihan atap genteng aspal adalah lebih ringan di banding atap metal dan keramik.

Tahan api dan tahan terhadap angin kencang. Dilapisi lapisan anti jamur dan anti pudar dengan beragam pilihan warna.

Kelemahan dari atap aspal adalah harganya yang mahal. Selain itu ia juga membutuhkan kerangka yang cukup kuat untuk menopang beratnya yang lebih besar dibandingkan dengan jenis atap lainnya.

Atap ini sering digunakan untuk daerah yang sering dilanda bencana atau membutuhkan genteng yang cukup kuat dan tahan atas berbagai bencana.

Kalender
September 2018
S S R K J S M
« Mei    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Hubungi KAMI

Alamat : Perum 369 View no 12B, Sambiroto, Semarang

WA: 0816587022